“Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Diruang Perawatan Bedah RSU XX”

Tujuan umum penelitian  ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pasien pre-operasi diruang perawatan bedah Rumah Sakit Umum Haji Makassar dan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan umur dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi, Untuk mengetahui hubungan jenis kelamin dengan  tingkat  kecemasan pasien  pre operasi, Untuk mengetahui  hubungan pendidikan dengan tingkat   kecemasan  pasien pre operasi, Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan tingkat     kecemasan  pasien pre operasi, dan Untuk mengetahui hubungan pekerjaan dengan tingkat    kecemasan pasien pre operasi,

Desain penelitian yang digunakan penulis adalah  deskriptik analitik dengan pendekatan cross sectional untuk mendapatkan gambaran tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi di Ruang perawatan Bedah Rumah Sakit umum XX. Penarikan sampel  dengan tehnik purposive sampling pada 57 responden sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 22 agustus sampai dengan 23 september 2009. Tehnik pengumpulan data dengan  menggunakan kuesioner, lembar observasi dan wawancara menurut HARS. Setelah data ditabulasi kemudian dilakukan interpretasi data yang telah terkumpul dengan menggunakan metode statistik yang terdiri  dari analisis univariat untuk melihat tampilan distribusi frekuensi,pesentase,.dan analisis bivariat untuk melihat hubungan dari tiap variabel dengan Analisa  data SPSS 11,5 berdasarkan rumus Chisquare Test df=1 dan α (0,05), dengan tingkat kemaknaan α = 5% (0,05).

Berdasarkan Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hubungan antara usia dengan keceamasan dengan nilai p=0,014. Terdapat hubungan antara  pendidikan dengan kecemasan  dengan nilai p=0,001. Terdapat hubungan antara Pengetahuan dengan kecemasan degan nilai p=0,03. Terdapat hubungan antara pekerjaan dengan kecemasan dengan nilai p=0,031 dan tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan kecemasan.

Saran yang dianjurkan kepada pihak rumah sakit adalah agar dapat memperhatikan dampak dari faktor-faktor yang berhubungan dengan kecemasan pasien pre operasi dan meningkatkan mutu asuhan keperawatan.

Key word : Kecemasan,  Pre operasi,  Rumah Sakit Umum Sawerigading Kota Palopo.

Kode file : MB002
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, Abstrak, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka
–    Lampiran 2 (kuesioner, master tabel, dll)

Bentuk file : Ms.Word

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *