“Analisis Faktor Ibu Dan Janin Yang Berhubungan Dengan Kejadian Persalinan Prematur DI RSU XX”

Persalinan prematur merupakan terjadinya persalinan (atas penghentian kehamilan) sebelum waktunya dengan usia kehamilan antara 20 –  36 minggu  atau 5 – 8 bulan sehingga akan lahir bayi prematur dengan berat lahir antara 500 gram sampai kurang dari 2.500 gram.  Ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi lahir prematur, antara lain : faktor dari Ibu, seperti Ibu penderita diabetes, liver, pertinggi badan rendah, dan mengidap hipertensi kronik. infeksi ibu, bisa berupa pnumonia, appendiks, muntah-muntah berat dan keracunan kehamilan (pre eklamsi dan eklamsi) serta uterus yang sensitif atau kelainan bawaan bentuk uterus, operasi caesar beberapa kali. Faktor bayi merupakan penyebab yang terakhir seperti ketuban pecah dini, kehamilan ganda

Persalinan prematur merupakan masalah mortalitas dan morbiditas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan menganalisis tentang faktor ibu dan janin yang berhubungan dengan kejadian persalinan prematur di RSU XX 2009

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survai analitik dengan dengan cara retrospektif dengan menggunakan data sekunder dari catatan rekam medik RSU XX.yang dilaksanakan selama 2 minggu mulai tanggal 8 Juli 2009sampai dengan 20 Juli 2009. Jumlah responden dalam penelitan ini adalah 88 responden yakni 44 responden dengan persalinan prematur dan 44 responden dengan persalinan normal, kemudian hasilnya diuji dengan cara Chi-Square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05.

Hasil dari penelitian ini didapatkan faktor ibu yang berhubungan dengan kejadian persalinan prematur di RSU XX meliputi umur ibu, paritas, anemia, hipertensi, serta pendidikan ibu. Faktor janin yang berhubungan dengan kejadian persalinan prematur di RSU XX adalah kehamilan kembar dan ketuban pecah dini. Sedagkan faktor ibu yang tidak berhubungan dengan kejadian persalinan prematur di RSU XX meliputi jarak kehamilan dan perdarahan ante partum.

Saran dari hasil penelitian ini adalah Perlunya penyuluhan kesehatan yang berkesinambungan kepada ibu hamil tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil, bagi Institusi terkait dalam hal ini pihak puskesmas supaya memperhatikan akses pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan membantu mendeteksi kelompok yang beresiko terjadinya kelahiran prematur, kepada peneliti berikutnya supaya melakukan penelitian dengan menggunakan metode yang lain agar penelitian dapat lebih optimal, bagi ibu hamil sebagai bahan masukan dan informasi bagi ibu untuk menambah wawasan yang terkait dalam usaha peningkatan pemulihan kesehatan bagi ibu selama hamil sampai proses persalinan.

Kode file : MT003
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 6 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka.
–    Lampiran2 (kuesioner,master data, powerpoint, SPSS, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *