Analisis Kesesuaian Penggunaan Diagnosa Keperawatan Tujuan Dan Intervensi Dengan NANDA, NOC (Nursing Outcome Classification) Dan NIC (Nursing Intervention Classification) Pada Pasien Stroke di RSU XX

Stroke merupakan serangan otak yang terjadi secara tiba-tiba dengan  akibat kematian atau kelumpuhan sebelah bagian tubuh. Stroke adalah kehilangan fungsi otak yang diakibatkan oleh berhentinya suplai darah kebagian otak. Asuhan keperawatan pada pasien dengan stroke dapat menggunakan NANDA, NOC dan NIC, karena NANDA, NOC dan NIC merupakan standar bahasa keperawatan yang dapat diterapkan pada semua area keperawatan.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kesesuaian penggunaan diagnosa keperawatan, tujuan, intervensi keperawatan dan implementasi dengan diagnosa keperawatan NANDA, NOC dan NIC pada pasien stroke di RSU XX.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan tehnik analisis dokumen (content analisis). Pengambilan sampel dilakukan secara purposive dengan jumlah sampel 46 status rekam medis pasien. Pengumpulan data dilakukan secara studi dokumentasi terhadap pelaksanaan asuhan keperawatan pada pasien stroke.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa diagnosa keperawatan yang sesuai dengan NANDA sebesar 34,5 %, tujuan yang sesuai kemaknaannya dengan NOC sebesar 71,4 %, intervensi  yang sesuai kemaknaannya dengan NIC sebesar 74 % dan implementasi  yang sesuai kemaknaannya dengan NIC sebesar 49,1 %. Diagnosa keperawatan yang ada di SAK yang sesuai dengan NANDA sebesar 77,8 %, tujuan yang ada di SAK yang sesuai kemaknaannya dengan NOC sebesar 79,5 % dan intervensi yang ada di SAK yang sesuai kemaknaannya dengan NIC sebesar 69,7 %.

Asuhan keperawatan yang dilakukan pada pasien stroke untuk diagnosa keperawatan kesesuaiannya dengan NANDA termasuk kategori tidak baik, tujuan kesesuaiannya dengan NOC termasuk kategori cukup, intervensi kesesuaiannya dengan NIC termasuk kategori cukup dan implementasi kesesuaiannya dengan NIC termasuk kategori kurang. Diagnosa keperawatan yang ada di SAK kesesuaiannya dengan NANDA termasuk kategori baik. Tujuan yang ada di SAK kesesuaiannya dengan NOC termasuk kategori baik dan intervensi yang ada di SAK kesesuaiannya dengan NIC termasuk dalam kategori cukup.

Kata kunci : Analisis kesesuaian, diagnosa NANDA, NOC, NIC, pasien stroke.

Kode File : KS004
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup)
c. Lampiran2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *