Evaluasi Pelaksanaan Perawatan Luka Jahitan Perineum Pada Ibu Post Partum Di Unit Kebidanan RSU XX

Latar Belakang: Luka perineum merupakan daerah yang tidak mudah dijaga agar tetap bersih dan kering. Pengamatan dan perawatan khusus diperlukan untuk menjamin agar sembuh dengan cepat. Bidan merupakan mata rantai yang sangat penting karena kedudukannya sebagai ujung tombak melalui kemampuannya untuk melakukan pengawasan dan pertolongan persalinan dan pengawasan post partum. Perawatan perineum dilakukan oleh perawat segera setelah persalinan dan selanjutnya dirawat sendiri oleh pasien, dimana pasien dirawat 2 hari di Rumah Sakit dan dianjurkan kontrol pada hari 7 post partum.

Tujuan: mengetahui gambaran pelaksanaan perawatan perineum ibu post partum.

Metode: merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan menggunakan teknik observasional. Teknik sampling dengan purposive sample. Sampel penelitian adalah ibu post partum dengan luka perineum yang memenuhi kriteria inklusi. Analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif.

Hasil: Pelaksanaan perawatan perineum oleh perawat dengan kriteria baik pada 18 responden (37,5%) dan cukup pada 30 responden (62,5%). Pelaksanaan perawatan oleh pasien sebagian besar dalam kriteria cukup sebanyak 32 responden (66,7%), baik 12 responden (25%) dan kurang 4 responden (8,3%).

Kesimpulan : Pelaksanaan perawatan luka perineum oleh perawat sebagian besar dalam kategori cukup baik, teknik perawatan luka oleh pasien sebagian besar dalam kategori cukup baik.

Kata kunci: Perawatan perineum, luka perineum, post partum.

Kode File : MT011
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup)
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *