Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di RSUD XX

Rendahnya kepatuhan menjadi penyebab kegagalan penanganan anemia. Ketidakpatuhan konsumsi zat besi timbul karena ketidaksadaran wanita hamil bahwa selama hamil mereka membutuhkan zat besi dan juga mungkin disebabkan oleh efek samping dari tablet besi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi.

Jenis penelitian  adalah deskriptif analitik dengan pendekatan ”cross sectional study”, dengan tujuan untuk melihat faktor – faktor yang mempengaruhi kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi di RSUD XX. Dimana subjek penlitian dan pengukuran status krakter atau variabel subjek diukur menurut keadaan atau statusnya secara simultan pada satu saat dalam suatu sampel populasi yang ”representatif” atau memberi kesempatan pada peneliti untk melakukan analisis ”deskriptif” dari variabel yang diteliti dengan menggunakan uji statistik ”Chi-Square” dengan tingkat kemaknaan α 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil dengan kepatuhan  dalam mengkonsumsi tablet besi, ada hubungan motivasi ibu hamil dengan kepatuhan  dalam mengkonsumsi tablet besi, ada hubungan peran serta ibu hamil dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi tablet besi, ada hubungan pelayanan kesehatan dengan kepatuhan  dalam mengkonsumsi tablet besi, di RSUD XX.

Kata kunci    :  Pengetahuan, motivasi, peran serta keluarga,pelayanan kesehatan dan kepatuhan ibu hamil

Kode file : MT012
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka+Kuisioner, dll

Bentuk file  (word)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *