“Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi Usia 0 – 6 Bulan Di Kelurahan XX”

Penelitian ini merupakan penelitian Survei Analitik dengan pendekatan Cros Sectional Studi  yang bertujuan untuk menganalisa hubungan antara pengetahuan ibu, pendidikan ibu, promosi susu formula, pendapatan keluarga dan pekerjaan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan di Kelurahan Antang Kota Makassar Tahun 2009. Penarikan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Jumlah sampel sebanyak 58 orang. Analisis data di lakukan dengan menggunakan Uji-Chi Squire.

Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa yang memberikan ASI Eksklusif sebanyak 8 responden (14,8 %), dan yang tidak memberikan ASI Eksklusif sebanyak 50 responden ( 86,2 %). Dari uji statistika didapatkan bahwa pengetahuan ibu dan susu formula memiliki hubungan yang bermakna dengan pemberian ASI Eksklusif, sedangkan pendidikan ibu, pendapatan keluarga dan pekerjaan ibu tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan pemberian ASI Eksklusif.

Dari hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan upaya penyuluhan kepada masyarakat khususnya bagi ibu-ibu, baik ibu-ibu yang berpendidikan tinggi maupun ibu-ibu yang berpendidikan rendah sehingga terjadi peningkatan pengetahuan yang nantinya diharapkan dapat melakukan perubahan prilaku dari tidak baik menjadi baik dan dari baik menjadi lebih baik lagi. Bagi ibu yang bekerja disarankan agar tetap memberikan ASI Eksklusif bagi bayinya, dan bagi peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian tentang factor-faktor lain  yang berhubungan dengan pemberian ASI Eksklusif seperti factor social, budaya, dukungan keluarga dan petugas kesehatan, dan lain-lain.

Kata Kunci                             :  Eksklusif, Bayi, dan Susu Formula

Kode file : KM007
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka
–    Lampiran2 (kuesioner, master tabel, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Donasi : Rp. 100.000,-

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *