“Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Pada Bayi Di Desa XX Wilayah Kerja Puskesmas XX”

Imunisasi adalah upaya pencegahan primer terhadap penyakit infeksi dengan memasukkan vaksin ke tubuh manusia. Imunisasi merupakan tindakan yang sangat penting dalam pencegahan penyakit. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan Cross sectional. Sampel yang dipilih 103 responden yang merupakan ibu-ibu yang memiliki anak usia 1-3 tahun di Desa XX Wilayah kerja Puskesmas XX . Data diambil dengan menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi, data yang ada dianalisa dengan uji Chi-square dan uji rank Spearman Correlation dengan tingkat kemaknaan (α) 0,05.

Penelitian bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian imunisasi dasar pada bayi di Desa XX Wilayah kerja Puskesmas XX, Kec. XX Kab. XX.  Hasil penelitian menunjukan pemberian imunisasi dasar lengkap pada bayi yaitu 35 responden (34,0%) sisanya tidak lengkap, terdapat 85 responden (82,5%) yang memiliki  pengetahuan kategori baik, 29 (34,1%) diantaranya mendapat imunisasi lengkap untuk anaknya. Dan 18 (17,5%) yang berpengetahuan kategori kurang, 6 diantaranya mendapat imunisasi lengkap untuk anaknya. 101 (98,1%) ibu bersikap positif terhadap pemberian imunisasi dasar, 35 (34,7%) diantaranya memiliki imunisasi lengkap pada anaknya dan 2 (1,9%) responden yang bersikap sebaliknya, tidak satupun yang memiliki imunisasi dasar lengkap. 43 responden aktif dalam kegiatan posyandu, 33 (76,7%) diantaranya memiliki imunisasi dasar lengkap pada anknya. 60 (58,3%) keaktifan ibu kurang serta 2 diataranya memilki imunisasi dasar lengkap. Hasil uji Chi-square memperlihatkan nilai alpha (α) berturut-turut untuk pengetahuan, sikap dan keaktifan ibu sebagai berikut  p=1,000, p=0,545, p=0,000. Uji rank Spearman yaitu rs=0,006, rs=0,101, rs=0,764.

Penelitian ini menyimpulkan tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar, sikap ibu terhadap imunisasi dasar dengan pemberian imunisasi dasar pada bayi dan terdapat korelasi yang kuat antara keaktifan ibu dalam kegiatan posyandu dengan pemberian imunisasi dasar pada bayi. Memperhatikan hasil penelitian ini perlu dilakukan perubahan strategi dalam mencapai cakupan imunisasi yang luas yaitu  adanya tekanan yang bersifat konstitusional pada masyarakat.

Kata kunci : Imunisasi, Pengetahuan, Sikap, Keaktifan

Kode file : KM014
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul,abstrak, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 6  lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka, dll
–    Lampiran2 (kuesioner, master tabel, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *