“Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Usia 3 – 5 Tahun Di Puskesmas XX Kecamatan XX Kabupaten XX”

Masalah gizi pada hakikatnya adalah masalah kesehatan masyarakat, namun penanggulangannya tidak dapat dilakukan dengan pendekatan medis, dan pelayanan kesehatan saja. Penyebab timbulnya masalah gizi adalah multifaktor, oleh karena itu pendekatan penanggulangannya harus melibatkan berbagai sektor yang terkait. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan pada tahun 2005 terdapat 14.650 (3,45%) balita mengalami gizi kurang. Sedangkan di kota XX terdapat 463 (2,40%) balita dalam tingkat gizi kurang, dan khususnya di Puskesmas XX pada tahun 2006 terdapat 35 (10,17%) anak usia 3 – 5 tahun yang mengalami gizi kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi anak usia 3 – 5 tahun di Puskesmas XX Kecamatan XX Kabupaten XX.

Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analitik dengan menggunakan metode pendekatan ” Cross Sectional Study”. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 3 – 5 tahun yang berada di lokasi pada saat penelitian sebanyak 77 orang anak dengan menggunakan teknik Purposive Sample. Cara pengumpulan data adalah dengan mengambil ukuran-ukuran berat badan anak, kemudian melakukan observasi dan pembagian kuisioner kepada responden. Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi anak usia 3 – 5 tahun digunakan Uji Pearson Chi Square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 pada SPSS versi 12.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara faktor pola makan anak, pengetahuan ibu, pekerjaan ibu dan pola asuh orang tua dengan status gizi anak tetapi terdapat hubungan yang tidak bermakna antara faktor pendidikan ibu dan pendapatan keluarga dengan status gizi anak usia 3 – 5 tahun di Puskesmas XX Kecamatan XX Kabupaten XX.

Kata Kunci         :  Pola makan anak, karakteristik ibu, status gizi anak.

Kode file : KM010
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul,abstrak, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka
–    Lampiran2 (kuesioner, master tabel, output SPSS, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *