“Faktor Yang Berhubungan Dengan Higiene Perorangan Klien Di Ruang Perawatan Interna Rumah Sakitt Umum XX”

Higiene perorangan diperlukan untuk kenyamanan individu, keamanan, dan kesehatan. Pada orang sehat mampu memenuhi kebutuhan higiene perorangannya sendiri, sedangkan pada orang sakit atau yang mengalami hambatan pergerakan fisik memerlukan bantuan orang lain untuk melakukan higiene perorangan yang rutin. Selain itu, beragam faktor pribadi dan sosial budaya mempengaruhi higiene klien. Bantuan orang lain menentukan kemampuan seseorang untuk melakukan higiene menurut kebutuhan dan pilihannya.Berbagai kegiatan higiene perorangan pada kenyataannya sangat kurang dilaksanakan oleh klien yang menjalani perawatan di rumah sakit..

Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan higiene perorangan klien yang dirawat di Ruang Perawatan Interna RSU XX

Desain penelitian ini menggunakan Cross Sectional Study dengan melakukan pengukuran atau pengamatan pada saat bersamaan (sekali waktu) dengan tehnik penarikan sampel yaitu Modified Systematic Random Sampling terhadap populasi target  sehingga didapatkan 133 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara terpimpin kepada klien dan observasi pada klien yang dirawat di Ruang Perawatan Interna RSU XX Pengolahan data/uji statistik menggunakan SPSS Versi 11.5dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel..

Hasil Uji Kai-kuadrat menunjukkan bahwa Tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan responden dengan hygiene perorangan. Ada hubungan yang bermakna antara pandangan budaya responden, status sosioekonomi responden dan kondisi fisik responden dengan hygiene perorangan di Ruang Perawatan Interna RSU XX.

Saran penulis agar pihak manajemen RSU XXmampu membina dan meningkatkan pengetahuan perawat khusunya perawat pelaksana yang dimilikinya dalam rangka mewujudkan hygiene perorangan bagi setiap pasien yang dirawat di RSU XXdan bagi pihak akademik/institusi agar menambah jumlah jam perkuliahan untuk mata kuliah riset keperawatan sehingga mahasiswa dapat lebih banyak mendapatkan materi-materi dan bimbingan yang berkaitan dengan riset keperawatan, sehingga terbuka wawasannya mengenai riset di bidang keperawatan. Sementara untuk peneliti selanjutnya yang berminat meneliti tentang faktor-faktor yng berhubungan dengan hygiene perorangan agar penelitian tersebut dapat dilakukan dalam skala besar dengan jumlah sampel yang besar dan tempat penelitian diperluas ke rumah sakit lain, sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasi.

Kode file : PD002
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 6 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka.
–    Lampiran2 (kuesioner, master tabel, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *