“Hubungan Antara Beban Kerja Dan Kondisi Kerja Dengan Stres Perawat Di Ruang Icu Rsu XX”

Stres didefinisikan sebagai respon tubuh yang tidak spesifik terhadap sesuatu tuntutan yang dihadapi (Selye, 1995)). Respon stres yang dimaksud dapat berupa respon positif (eustress) misalnya dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi kerja seorang perawat dan respon negatif (distres) misalnya dapat menggangu dalam melakukan aktivitas keseharian. Menurut Otong (1995), stres adalah stimulus atau situasi yang menekan. Jika situasi tersebut merupakan keadaan pekerjaan yang menekan, maka stres terhadap pekerjaan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, 2(dua) diantaranya ialah beban kerja dan kondisi kerja (Abraham & Shanley, 1992).

Tiga jenis stressor yang berkaitan dengan beban kerja, yaitu pekerjaan fisik yang berat, tempat kerja yang tidak tenang, tanggung jawab yang besar.Beban kerja dapat dibedakan menjadi : beban kerja kuantitatif dan kualitatif. Beban kerja kuantitatif menunjukkan adanya jumlah pekerjaan yang besar yang harus dilakukan misalnya jam kerja yang tinggi, derajat tanggung jawab yang besar, tekanan kerja sehari-hari dan sebagainya, sementara beban kerja kualitatif menyangkut kesulitan tugas yang dihadapi.

Sesuai dengan tujuan penelitian maka design penelitian  yang akan digunakan adalah deskriptif korelasional dimana peneliti berusaha mengetahui dan menjelaskan hubungan beban dan kondisi kerja dengan stres perawat di Ruang ICU RSU XX.

Berdasarkan hasil analisis statistik dan pembahasan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa :

  1. Beban Kerja mempunyai korelasi yang signifikan dengan Stres Perawat di Ruang ICU RSU Sawerigading Kota Palopo.
  2. Kondisi Kerja mempunyai korelasi yang signifikan dengan Stres Perawat di Ruang ICU RSU Sawerigading Kota Palopo.

Kode File : MN005
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – VI (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2 (Kuisioner, Power Point, dll)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *