Hubungan Antara Perilaku Diet, Aktivitas Dan Spiritual Ibu Dengan Nilai Tekanan Darah di Puskesmas XX

Hipertensi dan komplikasinya adalah salah satu penyebab kematian nomor satu secara global. Komplikasi pembuluh darah karena hipertensi dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, infark (kerusakan jaringan) jantung, stroke, dan gagal ginjal. Komplikasi pada organ tubuh, selain menurunkan kualitas hidup penderita, keluarga dan negara juga harus mengeluarkan lebih banyak biaya pengobatan dan perawatan. Wanita rentan mengalami Hipertensi terutama pasca menopause, apabila tidak dapat menjaga kondisi dan berperilaku hidup sehat sejak dini dikhawatirkan akan mengalami peningkatan tekanan darah beserta kemungkinan komplikasi penyakit berbahaya lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku diet, aktivitas dan spiritual Ibu dengan nilai tekanan darah.

Penelitian ini menggunakan desain studi korelasi dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Juli 2010. Data dianalisa menggunakan model analisis regresi linier berganda pada taraf kesalahan 5%.

Hasil analisis regresi linier berganda memperlihatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perilaku diet, aktivitas dan spiritual Ibu dengan nilai tekanan darah sistole (nilai F hitung = 27,986) dan tekanan darah diastole (nilai F hitung = 27,878). Peneliti menyarankan agar masyarakat dapat menjaga pola makan yang sehat, melakukan aktivitas olah raga dan istirahat yang seimbang, dan menjalani aktivitas spiritual dengan dengan memahami makna dari setiap ritual tersebut dan tetap berjiwa positif, pengendalian emosi dan pasrah atau beserah diri lepada Tuhan sehingga hidup terasa lebih tenang, tidak memiliki beban pikiran berlebihan, kehidupannya yang jauh dari stress.

Kepustakaan : 17 pustaka (tahun 2000 – 2010)

Kode file : J010

File skripsi ini meliputi :

– Bagian depan (daftar isi, dll)

– Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

– Daftar Pustaka

– Lampiran2 (Kuesioner, Master tabel, dll)

Bentuk file : Ms.word

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *