“Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dengan Pengetahuan Ibu Tentang Pencegahan Dan Perawatan Diare Pada Anak Dl Puskesmas XX”

Diare masih penyebab utama kesakitan dan kematian pada anak di Indonesia dan negara yang sedang berkembang. Menurut profil propensi Sulawesi Selatan tahun 2005 tercatat kabupaten XX menempati urutan pertama dengan jumlah kasus terbanyak pada anak. Di Puskesmas  diare menempati urutan ke tiga berdasarkan pola kesakitan 10 besar penyakit di Puskesmas .

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu dengan pengetahuan ibu tentang pencegahan dan perawatan diare pada anak di Puskesmas  Kecamatan XX Kabupaten XX. Metode penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang membawa anaknya sedang diare dan pernah diare yang ditemui di Puskesmas pada saat penelitian sebanyak 73 sampel dengan menggunakan tehnik consecutive sampling. Hasil penelitian uji chi square didapatkan p = 0,000. Dengan demikian p < 0,05 hal ini berarti Hi diterima ada hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu dengan pengetahuan ibu tentang pencegahan dan perawatan diare pada anak di Puskesmas  Kecamatan XX Kabupaten XX.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini didapatkan hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu dengan pengetahuan ibu tentang pencegahan dan perawatan diare pada anak di Puskesmas  Kecamatan XX Kabupaten XX.

Kata kunci : Pendidikan, Pengetahuan tentang pencegahan diare, pengetahuan tentang perawatan diare.

Kode file : KM009
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, abstrak, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka
–    Lampiran2 (kuesioner, master tabel, powe point dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *