“Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Hiv/Aids Di SLTP Negeri XX”

Anak usia sekolah (remaja) merupakan sasaran primer dalam mendapatkan pendidikan kesehatan, dimana remaja dalam perkembangannya memiliki karakter umum diantaranya sikap kegelisahan, sikap pertentangan, sikap menghayal, aktivitas kelompok, dan keinginan mencoba segala sesuatu, akibatnya tidak jarang remaja terjebak dalam pergaulan bebas, seks bebas, narkoba, dll. Pemberian intervensi penyuluhan kesehatan dimaksudkan untuk memperoleh gambaran pengetahuan siswa kelas tiga SLTPN 3 terhadap konsep dasar HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan HIV/AIDS siswa kelas tiga XX.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre Eksperimen, One group pre-test post-test design. Populasi yang diteliti adalah anak siswa kelas tiga XX. Dengan jumlah sampel 165 responden. Teknik penarikan sampel secara purposive sampling. Sebelum pelaksanaan intervensi dilaksanakn Pre test terhadap populasi siswa kelas tiga SLTPN 12, setelah itu penarikan sampel diikuti dengan pemberian intervensi penyuluhan tetang konsep dasar HIV/AIDS lalu dievaluasi dengan post test. Instrumen pengumpulan data  menggunakan questioner dengan jumlah 22 pertanyaan menggunakan penilaian menurut skala Gutman.  Analisa data menggunakan Uji-t berpasangan, dengan tingkat kemaknaan α = 5% (0,05).

Hasil analisa data responden dengan Uji-t berpasangan ditemukan bahwa ada Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan HIV/AIDS siswa kelas tiga XX, dengan nilai P=0,00 (a< 0,05).

Kesimpulan ada pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan HIV/AIDS siswa kelas tiga XX.

Saran kepada isntitusi pendidikan.Diharapkan pihak institusi memahami dan menyadari akan kemampuan intelektual peserta didik yang wajib dipupuk dan dikembangkan agar potensi yang dimiliki setiap individu terwujud sesuai dengan perbedaan masing-masing khususnya menyangkut kesehatan, dengan cara menempatkan konsep dasar HIV/AIDS kedalam salah satu kurikulum untuk dijadikan sebagai bahan pelajaran guna mencegah meluasnya penyakit HIV/AIDS di kalangan remaja khususnya siswa kelas tiga XX.

Key word : Penyuluhan, Pengetahuan, HIV/AIDS, Remaja.

Kode file : KM003
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 6 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka
–    Lampiran 2 (kuesioner, master tabel, power point, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *