“Peran Kepala Ruangan Sebagai Supervisor Terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Dalam Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Medikal Bedah RSU XX”

Dalam mengimplementasikan ketrampilan manajerial yang harus dimiliki kepala ruangan sebagai manajer antara lain adalah mensupervisi pelayanan keperawatan dan melakukan penilaian kinerja tenaga keperawatan sesuai dengan tanggung jawab dalam mengatur dan mengendalikan kegiatan pelayanan keperawatan di ruang rawat inap. Dengan supervisi pelayanan keperawatan kepala ruangan sebagai manajer dapat mempengaruhi kinerja perawat pelaksana.

Tujuan penelitian untuk mengetahui peran kepala ruangan sebagai supervisor terhadap kinerja perawat pelaksana dalam pelaksanaan asuhan keperawatan di ruang rawat inap medikal bedah RSU RS XX.

Desain penelitian deskriftip pada populasi kepala ruangan dan perawat pelaksana di ruang rawat inap medikal bedah medikal bedah RSU RS XX. Penarikan sampel dengan total sampling pada 8 responden kepala ruangan dan 48 perawat pelaksana sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Penelitian dilakukan dari tanggal 21 sampai 28 Juli 2009. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi.. Setelah data ditabulasi kemudian dilakukan interpretasi data yang telah terkumpul dengan menggunakan metode statistik yang terdiri dari analisa univariat untuk melihat tampilan distribusi frekuensi, presentase, mean, dan ssemua ini menggunakan jasa program komputer SPSS versi 10.

Berdasarkan hasil penelitian maka secara umum dapat disimpulkan bahwa peran kepala ruangan / supervisor sebagai perencana merupakan peran yang paling baik terhadap kinerja perawat pelaksana, sedangkan peran yang kurang baik adalah peran supervisor / kepala ruangan sebagai penilai dalam pelaksanaan asuhan keperawatan.dibandingkan dengan peran yang lainnya.

Adapun saran yang dianjurkan bahwa hasil penelitian ini menjadi masukan bagi manajemen/pimpinan rumah sakit untuk memelihara dan meningkatkan peran supervisor/kepala ruangan sehingga kinerja perawat pelaksana meningkat. Untuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan  yang diberikan, diharapkan dapat memperhatikan pengembangan informasi, khususnya pengembangan informasi tentang peran supervisor / kepala ruangan terhadap peningkatan kinerja perawat pelaksana. Untuk peneliti selanjutnya yang berminat meneliti tentang peran suervisor / kepala ruangan sebaiknya penelitian dilakukan dalam skala besar dengan jumlah sampel yang besar dan tempat penelitian diperluas sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasikan.

Kode File : MN002
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – VI (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2 (Kuisioner, dll)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *