“Studi Tentang Mutu Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSU XX”

RS XX merupakan salah satu rumah sakit dengan klasifikasi B, yang menyelenggarakan pelayanan dengan salah satu jalur penerimaan pasien melalui gawat darurat/Instalasi Rawat Darurat (IRD). Penelitian yang dilakukan oleh Adi Wijaya (2001) terhadap petugas yang bertugas di bagian IRD RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo, menemukan bahwa petugas yang mempunyai mutu pelayanan yang baik sebanyak 92 orang (97,87%) sedangkan yang mengatakan kurang baik hanya 2 orang (2,13%)

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang mutu pelayanan keperawatan Instalasi Rawat Darurat (IRD) RS XX..

Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan deskriptif untuk mendapatkan gambaran mutu pelayanan keperawatan instalasi rawat darurat (IRD). Sampel adalah penderita yang telah mengalami perawatan dengan kasus emergency pada periode penelitian  sehingga didapatkan 50 responden. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu seluruh pasien IRD yang memenuhi kriteria yang dirawat pada Bulan Juli s/g Agustus 2009.Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara terpimpin kepada keluarga klien dan observasi pada klien yang baru masuk rumah sakit. Pengolahan data/uji statistik menggunakan SPSS Versi 11.5dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel..

      Hasil Uji Statistik menunjukkan Lebih besar responden yang menyatakan penilaian baik terhadap sikap empati, sikap dapat dipercaya (reliability), dan sikap pemeliharaan/perawatan (caring) dari pemberi pelayanan keperawatan dibanding yang menyatakan penilaian kurang di Instalasi Rawat Darurat RS XX. Sementara responden yang menyatakan penilaian kurang terhadap sikap ketanggapan (responsiveness) dan sikap komunikasi (communication) dari pemberi pelayanan keperawatan lebih besar dibanding yang menyatakan penilaian baik di Instalasi Rawat Darurat RS XX.

Saran agar agar pihak manajemen RS XX mampu membina dan meningkatkan pengetahuan perawat khusunya perawat pelaksana yang dimilikinya. Dan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan keperawatan hendaknya pihak manajemen selalu memperhatikan indikator penilaian mutu yaitu : emphaty, reliability, responsiveness, communication dan caring.

Kode File : MN001
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – VI (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2 (Master tabel, kuisioner, dll)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *